PAPI KOSTICK (PPSDM Sharing Forum 1 April 2014)

Beberapa waktu lalu tepatnya tanggal 1 April 2015, PPSDM mengadakan PPSDM Sharing Forum dengan tema “Kesejukan Papi Kostick”, dengan pemateri DR. Ir. Rita Markus Idulfilastri, M.Psi.T., beliau adalah seorang Doktor dari Universitas Indonesia dengan fokus kajian psikometri, beliau juga pemegang hak cipta “Tes Potensi Manajerial berbasis ranah kognitif untuk memprediksi kinerja calon karyawan – Copyright © 067140 (2012 – 01 – 000008947).
Sharing forum kali ini diikuti oleh tidak kurang dari 30 orang psikolog dan sarjana psikologi dari berbagai alumni universitas yakni Universitas Indonesia, Universitas Atmajaya, Universitas Gajah Mada, Universitas Parahyangan, Universitas Airlangga dan Universitas Padjadjaran.
Perlu Anda ketahui bahwa PPSDM Sharing Forum ini secara rutin diadakan minimal sebulan sekali dengan tema – tema yang update dalam bidang psikologi dan pengembangan sumber daya manusia.

Kenapa di beri tema “Kesejukan Papi Kostick”?

Menurut penuturan nara sumber, PAPI Kostick merupakan instrumen tes psikologi yang bersifat dua arah, artinya hasil skor yang diperoleh bisa dan perlu dikonfirmasikan langsung kepada Subyek. Tentunya keadaan ini, dapat dimanfaatkan oleh psikolog untuk menggali alasan-alasan yang melatarbelakangi perilaku Subyek. Situasi ini bisa menjadikan suasana menjadi SEJUK, karena laporan psikologis Subyek telah mendapat persetujuan langsung oleh oleh Subyeknya sendiri. Karena itu pula, sharing session ini dinamakan ‘Kesejukan PAPI KOSTICK’.

Berikut sekilas tentang Papi Kostick
Tes PAPI Kostick di buat oleh Guru Besar Psikologi Industri asal Massachusetts, Amerika, Dr. Max Martin Kostick, pada awal tahun 1960-an. PAPI Kostick mengukur dinamika kepribadian (psychodynamics) dengan memperhatikan keterkaitan dunia sekitarnya (environment) termasuk perilaku dan nilai perusahaan (values) yang diterapkan dalam suatu perusahaan / situasi kerja dalam bentuk motif (need) dan standar gaya perilaku menurut persepsi kandidat (role) yang terekam saat psikotest.

Di Indonesia diperkenalkan sekitar tahun 1980 dan berkembang dengan cepat menjelang akhir 1990-an yang berbentuk Self report inventory. PAPI sekarang digunakan oleh lebih dari 1000 perusahaan di dunia. Tersedia dalam 25 bahasa, dapat dikerjakan secara online, serta CD-Rom installable. Tes ini merupakan salah satu tes kepribadian yang tercermin dalam tingkah laku yang didasarkan pada kategorisasi. Papi mengukur role dan need individu dalam kaitannya dengan situasi kerja. Dengan mempelajari Papi Kostick, maka kita akan banyak memperoleh informasi mengenai profile individu baik dari segi tipologi kepribadiannya, maupun dalam kontek pekerjaannya.

Secara singkat, PAPI Kostick merupakan laporan inventori kepribadian (self report inventory), terdiri atas 90 pasangan pernyataan pendek berhubungan dalam situasi kerja, yang menyangkut 20 aspek keribadian yang dikelompokkan dalam 7 bidang: kepemimpinan (leadership), arah kerja (work direction), aktivitas kerja (activity), relasi social (social nature), gaya bekerja (work style), sifat temperamen (temperament), dan posisi atasan-bawahan (followership).

Tes Papi Kostick saat ini sering digunakan dalam lingkup HRD di suatu perusahaan / organisasi. Tes ini merupakan salah satu tes kepribadian yang tercermin dalam tingkah laku yang didasarkan pada kategorisasi. Papi mengukur role dan need individu dalam kaitannya dengan situasi kerja. Dengan mempelajari Papi Kostick, maka kita akan banyak memperoleh informasi mengenai profile individu baik dari segi tipologi kepribadiannya, maupun dalam kontek pekerjaannya.

Itulah sekilas gambaran tentang Papi Kostick.
Pada akhirnya kami mengucapkan terima kasih banyak kepada para partisipan yang telah menyisihkan waktunya untuk “Sharing” di acara :PPSDM Sharing Forum, semoga ke depanya lebih banyak lagi para praktisi Psikologi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia yang “Sharing” ilmunya di PPSDM Sharing forum ini.

Sampai jumpa di Sharing Forum berikutnya, kami tunggu kehadiran Anda.

PPSDM Sharing Forum
“Sharing is Caring”

 

Papi Kostick