Sharing Forum #10 Akuntabilitas Asessment Center – 6 Juni 2015

Assessment Center berbasis kompetensi merupakan prosedur evaluasi yang dirancang secara sistematik dan scientifik untuk menemukenali kompeteni seseorang dalam situasi simulasi menggunakan sejumlah objek ukur dan dimensi pengukuran, sejumlah metode dan pendekatan, sejumlah tools dan simulasi, serta sejumlah asesor.

Untuk lebih jelasnya dari definisi assessment center ini dapat kita elaborasi dengan melihat karakteristik dari Assessment center itu sendiri:

1. Menggunakan kombinasi beberapa teknik dan metode assessment. Penerapan seperangkat metode yang cukup mendalam dan luas memungkinkan perolehan reliabilitas pengukuran yang terbaik. Metode pokok yang digunakan dalam assessment center terutama berlandaskan konsep latihan -latihan simulasi. Teknik – teknik pendukung lainnya yang digunakan antara lain meliputi tes – tes psikologi, kuesioner, dan wawancara.

2. Assessment dilakukan berdasarkan suatu acuan tertentu yang bersifat multikriteria. Acuan itu lazimnya berupa suatu kerangka kerja integratif sebagai model kompetensi. Kerangka kerja ini mutlak dan jelas terarah pada seperangkat kriteria, yang dalam hal ini satu persatunya dinilai sebagai kompetensi.

3. Keterlibatan sekaligus sejumlah asesor dalam sebuah assessment. Tujuannya untuk mengoptimalkan derajat objektivitas penilaian serta menekan bias. Asesor lazimnya adalah seorang spesialis professional atau line manager, dan lebih baik lagi jika berprofesi sebagai psikolog.

4. Kesertaan sejumlah assessee sekaligus di dalam sebuah proses assessment. Di satu pendekatan ini bertujuan memastikan terciptanya interaksi dia antara para assessee pada simulasi yang akan diobservasi. Di sisi lain cara ini menyumbangkan keunggulan dalam segi pertimbangan ekonomis.

5. Informasi dan data yang diperolah diintegrasikan sedemikian rupa sehingga tersusun suatu kesimpulan berupa rekomendasi sebagai hasil program assessment center. Data dan informasi itu diperoleh dari hasil observasi pada sejumlah latihan simulasi, tes – tes psikologi, serta wawancara; berupa diskusi – diskusi perilu yagn secara serentak perlu diintegrasikan dalam suatu sesi di anatara para asesor.

Definisi assessment center diatas merupakan gambaran materi yang disampaikan pada kegiatan Sharing forum #10, bertepatan dengan hari Sabtu, 6 Juni 2015, yang diikuti oleh 14 orang peserta dari berbagai latar belakang perusahaan, materi Akuntabiltas Assesssment Center ini disampaikan oleh Bapak Drs. Dimnika Brampera Sadiman, Psi. (Bram)

Pada bagian selanjutnya pemateri juga menyampaikan tentang peran asesor yang mendukung terhadap akuntabillitas hasil asessment center :

1. Demi obyektifitas, assessor harus bersedia keluar dari subyektifitas selama melaksanakan asesmen.

2. Demi validitas dan reliabilitas, assessor harus selalu menampilkan best performance dan harus bersedia di-upgrade / di-reset

3. Akuntabilitas assessment center mensyaratkan zero defect! artinya kekurangsiapan asesor menghadapi kebutuhan perkembangan mengurangi reliabilitas Assessment center juga kekurangpahaman assessor terhadap standar dan norma mengurangi validitas Assessment center

4. Akuntabilitas assessment center mensyaratkan zero tolerant!
Profesi assessor dituntut penguasaan pengetahuan mendalam dan keterampilan sempurna terutama dalam menetapkan sasaran. Sangat Penting koordinasi terkait prosedur pelaksanaan serta briefing materi standar, metode, dan norma.

Karena salah satu tujuan dari Assessment center adalah untuk mengukur komptensi maka pemateri juga menegaskan bahwa:

1. Kompetensi sebagai obyek ukur merupakan acuan bagi semua komponen Assessment Center, sehingga harus dipersiapkan secara tajam dan mendalam sebelum menyelenggarakan Assessment Center berbasis kompetensi.

2. Kompetensi sebagai obyek ukur harus bisa diamati, dievaluasi, dan dinilai dalam situasi simulasi

3. Rumusan operasional kompetensi sbg obyek ukur bukan menggambarkan kinerja, tetapi karakter unggul yg menunjang kinerja

Dalam sesi lainnya pemateri juga memberikan latihan -latihan efektif kepada peserta tentang bagaimana mendiagnosis kompetensi.

 

Assessment Center