Executive Leadership Forum Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Batch II; 30 Maret – 1 April 2017

Executive Leadership Forum merupakan program yang secara khusus disusun oleh PPSDM #Consultant dalam rangka pengembangan kompetensi kepemimpinan jabatan tinggi pratama di lingkungan kemenko PMK.
Yang ini dari kegiatan ini adalah dampak yang diharapkan setelah program ini berjalan yakni:

  1. Terbangunnya kesadaran yang lebih baik, akan potret diri yang menyangkut aspek kekuatan dan kelemahan diri sehingga mampu menyusun rencana pengembangan diri yang realistis dan achievable.
  2. Terbangunnya kesadaran (awareness) mengenai pentingnya ketrampilan sebagai Coach dalam menjalankan peran kepemimpinan yang efektif.
  3. Terwujudnya ketrampilan yang fundamental dari Kepemimpinan yaitu ketrampilan sebagai Coach.
  4. Memiliki kesadaran tinggi, penerimaan diri tentang bagaimana leadership transformational sebagai bagaian dari dalam dirinya.

Program ini merupakan aplikasi suatu metode yang di dalamnya tidak “mengajari” peserta namun mengajak, menginspirasi, sharing, dan membekali keterampilan “how to be a leader as a coach”, karena esensi kepemimpinan adalah “doing the right things” yang artinya menentukan arah dan apa yang akan dikerjakan bersama, membimbing & membangkitkan semangat pengikutnya, melakukan transformasi untuk hasil yang lebih baik.
Namun ternyata tidak hanya itu seorang leader juga harus “Doing Things Right” yang artinya menjalankan SOP secara disiplin dan birokratik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan monitoring.

Executive Leadership Forum Batch II ini diikuti oleh 17 orang unsur pimpinan eselon 2 dari kedeputian yang ada di lingkungan kementerian PMK, dilaksanakan selama 3 hari dari hari Kamis – Sabtu, 30 Maret – 1 April 2017, yang bertempat di kota Bogor.
Outcome lebih lanjut dari program ini adalah terbangunnya perubahan yang signifikan dari para pimpinan di lingkungan PMK untuk lebih empowerment baik untuk dirinya bawahnya maupun pihak – pihak yang berkoordinasi dengan kementerian PMK yang pada akhirnya mendukung terhadap aktualisasi revolusi mental secara keseluruhan. Aamiin YRA.