Assessment Psikologi (Personal Assessment) Untuk Pegawai Perpustakaan Nasional – 18 April 2017

Selasa, 18 April 2017, PPSDM consultant melakukan assessment psikologi (personal assessment) untuk para pegawai Perpustakaan Nasional tahun 2017, diikuti oleh 60 orang pegawai yang berasal dari berbagai kedeputian di lingkungan Perpustakaan Nasional.
 
Penilaian Personil (Personal Assessment) adalah suatu pendekatan sistematis untuk mendapatkan informasi tentang individu. Informasi ini digunakan untuk membuat keputusan terkait dengan karier pegawai atau karyawan lembaga yang bersangkutan. Penilaian dilaksanakan untuk beberapa tujuan spesifik.
 
Beberapa tujuan dilakukan personal assessment
 
Organisasi menggunakan perkakas penilaian dan memeriksa prosedur untuk membantu pekerja dalam melaksanakan fungsi HR sebagai berikut:
 
1. Seleksi.
Organisasi ingin mampu mengidentifikasi dan mengadakan orang-orang yang terbaik untuk pekerjaan dan organisasi secara efisien dan adil.
 
2. Penempatan.
Organisasi juga ingin mampu menugaskan orang-orang kepada tingkatan pekerjaan yang sesuai. Sebagai contoh, suatu organisasi mungkin punya beberapa posisi managerial, masing-masing mempunyai suatu tingkat yang berbeda tanggung jawab.
 
3. Pelatihan Dan Pengembangan.
Test digunakan untuk menemukan apakah karyawan sudah menguasai material pelatihan.. Informasi yang diperoleh dari pengujian dapat digunakan untuk disain atau memodifikasi program pelatihan. Hasil percobaan juga membantu individu mengidentifikasi area untuk aktivitas pengembangan diri.
 
4. Promosi.
Organisasi dapat menggunakan test untuk mengidentifikasi pegawai yang menguasai potensi managerial atau kemampuan tingkat yang lebih tinggi, sehingga pegawai ini dapat dipromosikan untuk melaksanakan tanggung-jawab dan tugas-tugas yang lebih besar.
 
5. Eksplorasi Karier Dan Bimbingan.
Test juga digunakan untuk membantu organisasi dalam menentukan bidang pendidikan dan aneka pilihan kejuruan. Test dapat menyediakan informasi yang membantu individu memilih jabatan atau jurusan yang cocok buat individu.
 
6. Evaluasi Program.
Test dapat menyediakan informasi untuk menentukan apakah pegawai mendapatkan manfaat atau tidak dari pelatihan dan program pengembangan.
 
Kegiatan personal assessment untuk pegawai Perspustakaan Nasional ini terdiri dari 3 tahap yang dilakukan dalam 1 hari penuh yakni paper and pencils test, dilanjutkan dengan dinamika kelompok dan ditutup dengan wawancara.