Mengenal kepribadian Anda dari DISC

Pernah mendengar tes kepribadian DISC? Behavior assessment tool yang dikembangkan berdasarkan teori DISC dari psikolog William Moulton Marston ini membagi sifat manusia menjadi empat perilaku berbeda, yaitu dominance, influence, steadiness, dan conscience.

Ada beberapa perusahaan yang menggunakan tool DISC untuk menyeleksi karyawan potensial, terutama untuk mencocokkan tipe perilaku calon karyawan ke pekerjaan atau posisi tertentu. Dengan mengetahui tipe DISC seseorang, perusahaan bisa lebih memahami bagaimana orang tersebut akan bereaksi terhadap situasi manajemen atau kepemimpinan. Bagi kamu yang ingin mencari pekerjaan yang cocok, kamu juga bisa mengambil tes DISC untuk lebih mengenal dirimu sendiri.

discprof-1

  1. Dominance (D)

Jika Anda mendapatkan skor tertinggi di huruf D, berarti Anda adalah orang yang dominan. Anda itu aktif, menginginkan tantangan, serta tidak takut sama konflik. Anda memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan visi yang besar untuk mengubah lingkungan. Anda nggak suka digerakkan, tapi Anda lebih suka menjadi penggeraknya. Tipe dominan dapat cepat menyelesaikan suatu masalah. Anda juga dipandang orang lain sebagai orang yang ambisius dan berkemauan keras. Tidak jarang Anda sering jadi egois akibat kemauan Anda tersebut. Anda nggak peduli dengan orang lain, yang penting keinginan Anda tercapai. Anda seseorang yang berani dan tidak ragu mengambil keputusan. Anda percaya diri, memiliki tekad kuat, dan gaya komunikasi Anda cenderung direct, terkadang kurang memperhatikan perasaan orang lain.

Pekerjaan yang cocok untuk Anda adalah pekerjaan yang membutuhkan jiwa kepemimpinan tinggi seperti business manager, kepala departemen, serta entrepreneur. 

Saran untuk Anda yang memiliki tipe dominan, jadilah pendengar yang aktif.
Kurangi sikap kontrol dan dominasi.
Dengarkan semua ide-ide yang ada di sekitar Anda dan tunjukkan dukungan Anda kepada anggota tim jika Anda berada pada sebuah tim.

  1. Influence (I)

Orang-orang bertipe influence adalah orang-orang yang ekstovert, suka bergaul, ekspresif, spontan dan suka menghibur. Mereka tidak suka mengerjakan sesuatu sendirian. Orang-orang tipe ini adalah individu yang selalu antusias dan semangat. Mereka suka melibatkan emosi dan memiliki empati yang tinggi terhadap orang lain, serta memiliki sifat dasar yang riang. Tipe influence ini tidak cocok jika disuruh mengerjakan hal-hal yang membutuhkan ketelitian tinggi. Mereka adalah orang-orang visioner yang senang mengambil risiko dan menikmati perubahan yang cepat. Mereka selalu optimis dan muncul dengan ide-ide kreatif baru. Mereka juga senang bekerja dalam tim dan selalu menyuntikkan semangat ke teman-teman kerjanya. Kelemahannya, kecenderungan mereka yang senang berbasa-basi kadang tidak efisien dan menghabiskan waktu.

Saran untuk Anda yang memiliki karakter tipe I, beri sedikit perhatian lebih pada rincian. Latih pengendalian Anda atas tindakan, kata-kata, dan emosimu. Kurangi bicara dan lebih banyaklah mendengarkan.

Pekerjaan yang cocok untuk kamu yang memiliki tipe Influence adalah pekerjaan yang membutuhkan kemampuan networking dalam fast-paced environment seperti salesperson, public relations officer, atau manajer periklanan.

  1. Stadiness (S)

Orang yang bertipe S adalah orang yang berkeras hati, gigih, tenang,penuh simpati. dan sabar. Pembawaanya tenang dan pendiam. Mereka adalah pecinta kedamaian yang cenderung menghindari konflik. Mereka nggak akan cepat bosan dengan pekerjaan rutin. Orang bertipe S menyukai ketenangan, dan kurang suka dengan suatu perubahan yang mendadak. Seringkali orang bertipe S ini menjadi inspirasi bagi orang-orang di sekitarnya. Mereka dapat diandalkan, merupakan pendengar yang baik, dan cenderung memiliki loyalitas yang tinggi. Sayangnya, karena sifatnya yang tidak suka dengan perubahan mendadak, orang-orang tipe ini kurang berinovasi dan cenderung pakem pada aturan lama. Berbeda dengan orang Influence, mereka lebih suka menjadi orang yang low profile dan jauh dari pusat perhatian. Kekurangannya, orang-orang tipe Steadiness tidak menyukai perubahan dan cenderung lamban dalam beraksi

Saran bagi Anda tipe S adalah terbukalah pada suatu perubahan. Lebih fokus ke tujuan daripada prosedur. Jadilah pribadi yang lebih fleksibel dan tingkatkan inisiatif.

Pekerjaan yang cocok untuk tipe ini adalah pekerja sosial, konselor, psikolog, investigator, analyst, serta human resources officer.

  1. Conscientiousness (C)

Tipe Conscientiousness bisa disebut juga tipe C adalah orang yang tertarik dengan hal-hal yang membutuhkan kerincian dan detil. Tipe C menyukai segalanya teratur dan jelas. Mereka lebih suka terpaku pada fakta dan bukti. Jika hasil tes DISC-mu menunjukkan bahwa kamu memiliki tipe Compliance, maka kamu biasanya adalah orang yang perfeksionis. Merupakan orang-orang yang taat pada peraturan. Orang lain menganggap mereka menjadi pihak yang selalu mengalah. Bahayanya, kalo tipe C ini termotivasi secara negatif, mereka akan menjadi orang-orang yang sinis dan licik.

Tidak seperti tipe Dominance yang cenderung melihat big picture dari suatu situasi, orang-orang tipe Compliance memiliki perhatian besar pada detail karena bagi mereka, akurasi sangatlah penting. Mereka senang dengan situasi yang terkontrol dan predictable, serta senang dengan segala sesuatu yang faktual dan teratur. Namun, mereka adalah orang yang cukup sensitif dan sifat perfeksionis mereka menyebabkan mereka kurang fleksibel.

Saran untuk tipe C adalah kurangi fokus pada fakta dan lebih pada pribadi orang. Lebih berkonsentrasilah pada hal yang benar, bukan hanya melakukan tindakan secara benar.
Pekerjaan yang cocok untuk tipe ini adalah sekretaris, akuntan, arsitek, ilmuwan, dan programmer.

Jadi, semakin Anda mengetahui karakter orang-orang di sekitar Anda, Anda makin mudah untuk menjalin hubungan dengan mereka. Anda akan tahu sikap apa yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi mereka sesuai dengan karakternya.