Psikotest Penerimaan Calon Hakim Di Lingkungan Mahkamah Agung RI Tahun 2017 (0406102017)

PPSDM Consultant mendapatkan kesempatan untuk melakukan seleksi kepada para calon hakim di lingkungan Mahkamah Agung RI. Kegiatan ini dilaksanakan di 9 kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Makasar, Banjarmasin, Palembang, Yogyakarta, dan Bandung. Diikuti oleh ±3.808 peserta dimana sebelumnya para peserta telah mengikuti serangkaian tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) yang dilakukan oleh MA, untuk selanjutnya peserta yang lulus SKD mengukuti 3 tahapan lagi yakni Computer Authorized Test (CAT) (untuk tes pengetahuan teknis ke-hakim-an), Seleksi Kemampuan Bidang (SKB), wawancara terkait pengetahuan ke-hakiman, dan tes psikotest. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 4 – 6 Oktober 2017, di 9 kota yang ditunjuk tersebut di atas.

Adapun mereka yang lulus seleksi tersebut diminta segera melakukan registrasi ulang. Registrasi ini dijadwalkan berakhir hingga 15 November 2017. dan diperpanjang hingga 20 November 2017.

Dalam seleksi hakim baru tahun ini, Mahkamah Agung memperketat proses perekrutan. Ini sebagai upaya mendapatkan hakim yang terbaik di tengah citra buruk yang menggerus instansi hukum tersebut. Terlebih banyak hakim yang terjerat korupsi dan hingga terjaring dalam operasi tangkap tangan KPK.

 

Seleksi Cakim MA RI