Training PPSDM
  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

PT. TASPEN (PERSERO): “Ice Breaking Training”

Posted by Konselor March - 6 - 2013 Comments Off

Jakarta, ppsdmconsultant.com -
Ice breakers atau pemecah kebekuan lebih sering dipakai pada saat penataran, atau diklat (pendidikan dan latihan) saja, yang memang pesertanya adalah orang-orang dewasa yang cepat mengalami kelelahan dan kejenuhan serta lemah dalam proses penyimpanan memori. Sehingga ice breakers di sini dimanfaatkan untuk menyegarkan suasana belajar, menghilangkan kejenuhan, rasa kantuk yang memang sangat mudah menyerang orang-orang dewasa.

Menurut the Encyclopedia of Ice Breaker terbitan University Associates Inc (1976) bentuk ice breakers ada bermacam-macam, mulai dari sekedar teka-teki, cerita-cerita lucu atau humor ringan yang memancing senyum, lagu-lagu atau nyanyian yang disertai gerakan tubuh (action song), sampai permainan-permainan berkelompok yang cukup menguras tenaga atau bahkan fikiran.
Selain itu dapat juga dilakukan dengan melakukan brain gym (senam otak).

Ada beberapa teori yang berkaitan dengan konsep memori yakni,

  1. Teori interferensi yang menyatakan bahwa manusia lupa bukan karena kehilangan memori tetapi karena informasi lainnya menghalangi hal yang ingin diingati.
  2. Teori kemerosotan (decay theory), yang menjelaskan sebab-sebab mengapa manusia dapat melupakan sesuatu.
    Menurut teori decay sebab – sebab itu terdiri atas dua jenis penganggu (interference), yakni interferensi proaktif dan interferensi retroaktif.
    Interferensi proaktif terjadi ketika informasi yang dipelajari sebelumnya mengganggu pengingatan kembali suatu hal yang dipelajari kemudian.
    Ini dapat menjadi bermasalah ketika informasi yang baru tidak dapat digunakan dengan benar akibat diganggu informasi lama. Interferensi retroaktif adalah kebalikan dari interferensi proaktif, di mana informasi baru menggangu informasi lama.

Itulah sedikit ulasan materi yang dibahas dalam training Ice Breaking Training.

Yang menarik selain dikuatkan dengan konsep, peserta juga diajarkan bagaimana tampil di depan kelas, merangkul kelas dan mengajak peserta “masuk” dalam suasana kelas sampai kepada praktek bagaimana menjalankan sebuah simulasi baik sebagai ice breaking maupun sebagai energizer.

Ice Breaking training yang dikhususkan untuk para praktisi HRD pada divisi SDM PT. TASPEN (PERSERO) ini diselenggarakan pada hari RABU, 6 Maret 2013, yang bertempat di Kantor Pusat PT. TASPEN, Jakarta.

Harapannya dari kegiatan ini, masing – masing peserta memiliki kecakapan yang memadai bagaimana mengendalikan suasana kelas supaya tetap kondusif, ceria, dan tidak membosankan.

Ice Breaking Taspen

Comments are closed.

Best Product

  • Program Masa Persiapan Pensiun - PPSDM
  • Assesment Center
  • Team Building - PPSDM
  • Konsultansi Riset & Management - PPSDM